Sunday 26 January 2014

Ciri-ciri kenari jantan dan betina



Tidaklah begitu sulit untuk menentukan jenis kelamin pada burung kenari, akan tetapi banyak pula yang belum tahu ciri-ciri kenari jantan dan betina. Mungkin bagi anda yang sudah tau anda bisa close blog ini atau anda bisa melihat artikel yang lainnya, namun bagi anda  yang belum mengerti cara menentukan jenis kelamin pada burung kenari, artikel ini mungkin akan berguna bagi anda yang ingin membeli burung kenari atau ingin beternak burung kenari. Berikut adalah tips menentukan jenis kelamin pada burung kenari:
ciri-ciri kenari jantan dan betina


langkah pertama, pada kenari yang berusia 3 hari pembuluh vena yang berada disebelah perut akan turun menuju lubang angin/dubur dan akan menuju ke bagian depan dari "vee", ini tampak pada kenari jantan yang masih muda. Pada kenari berjenis kelamin betina, pembuluh vena tidak tampak. Meskipun semua burung kenari berjenis kelamin jantan menampakan pembuluh vena, disarankan agar anda menganalisanya sebelum burung kenari tersebut tumbuh bulu.

Langkah kedua, untuk mengetahui ciri-ciri kenari jantan dan betina, lihatlah pada bagian tulang belakang burung tesebut. Pada kenari jantan, sepanjang tulang belakang mereka warnanya lebih kaku dan pekat. Sedangkang pada jenis kelamin betina, warnanya kaku tetapi pekatnya tidak sepanjang tulang belakang.

Langkah ketiga, pada kenari muda yang belum tumbuh bulu, jenis kenari jantan memiliki bentuk kepala pipih(datar), sedangkan kelamin betina kepalanya lebih bulat.

Langkah keempat, pada kenari usia 6-7 hari, bayi-bayi kenari mulai membuka mata. Pada jenis kelamin jantan posisi mata sejajar dengan garis paruh, dan untuk kelamin betina posisi mata berada di atas garis paruh.

Terakhir, pada kenari yang berusia 5 bulan, kenari jantan biasanya memiliki warna bulu yang lebih terang. Pada bagian tertentu misalnya pada kepala, warna bulu lebih tajam, namun pada kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi lebih terang.

Inilah beberapa tips untuk mengetahui ciri-ciri kenari jantan dan betina, tips ini tidaklah mutlak 100 % benar, namun semoga artikel ini sedikit membantu anda menentukan jenis kelamin pada burung kenari.
thumbnail
Judul: Ciri-ciri kenari jantan dan betina
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait burung berkicau, ciri kenari betina, ciri kenari jantan, kenari, menentukan jenis kelamin kenari :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz