Thursday 30 January 2014

Cara Ternak Kenari Lokal


Banyak sekali tips tentang budidaya kenari, namun bagaimanakah cara ternak kenari lokal yang efektif? Nah,mari kita pelajari bersama.
Pada umumnya tidak ada perbedaan cara beternak kenari, baik itu jenis kenari import ataupun kenari lokal, namun perlu anda ketahui bahwa tiap-tiap jenis kenari memiliki karakter masing-masing. Berikut ini adalah cara beternak kenari khusus untuk kenari lokal yang didapat dari seseorang peternak kenari lokal, dan telah terbukti berhasil. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tips berikut;

Cara Ternak Kenari Lokal


Pertama, pilihlah indukan kenari lokal dengan umur kira-kira 7 bulan, untuk betina cirinya adalah bulu perut sudah menipis dan dubur kenari betina terlihat menonjol. Sedangkan untuk kenari jantan, cirinya adalah pada dubur kenari jantan sudah terlihat tonjolan panjang kecil.

Kedua, berilah suplemen dan vitamin agar telur yang dihasilkan tidak kosong dan anak-anak kenari tumbuh sehat.

ketiga, dalam proses penjodohan antara kenari jantan dan kenari betina, bisa dilakukan dengan mendekatkan kandang kenari jantan dan betina pada pagi hari. Anda juga bisa memanas-manasi si jantan dengan cara menempelkan kandang kenari jantan lain pada kandang kenari betina. Jika kenari betina sudah manggil-manggil kenari jantan, dan sebaliknya maka kedua kenari tersebut sudah siap dikawinkan

Keempat, untuk ukuran kandang tidak ada ukuran baku, yang penting kandang tsb tidak terlalu sempit agar burung kenari tersebut punya ruang gerak, dan usahakan kandang menempel pada tembok.

Kelima, berilah sarang atau serabut pada kandang.

Terakhir, setelah telur pertama keluar kenari jantan bisa dipisahkan, karena menurut pengalaman, ketika kenari jantan tidak dipisahkan dari kandang ternak, ketika bayi kenari menetas akan ada bayi yang mati karena terinjak-injak oleh kenari jantan. Setelah kenari jantan dipisahkan, jauhkan kenari jantan dari kandang kenari betina agar kedua kenari tersebut tidak saling memanggil.
Nah itulah sedikit tips tentang cara ternak kenari lokal, selamat mencoba dan semoga sukses.

thumbnail
Judul: Cara Ternak Kenari Lokal
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait budidaya kenari lokal, Kenari lokal, penjodohan kenari, ternak kenari lokal, tips ternak kenari :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz